Menu
Nongkrong Online Baca Berita Terbaru

9 Fakta Unik Ukraina Negara Yang Sedang Berperang Dengan Rusia

  • Share

Hypetik.com – 9 Fakta Unik Ukraina Negara Yang Sedang Berperang Dengan Rusia. Ukraina saat ini sedang tidak baik baik saja, negara yang terletak di bagian timur benua Eropa ini sedang di invasi oleh negara rusia. Perang pun tak bisa di hindarkan. Kini sudah banyak kerusakan yang diakibatkan perang tersebut.

9 Fakta Unik Ukraina

Dikutif dari Aljazeera sejumlah warga dan tentara Ukraina dilaporkan tewas sementara sudah banyak warga Kyiv mengungsi ke tempat yang aman. Negara tetangga yang mengumumkan siap menerima pengungsi dari Ukraina adalah Finlandia.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang Ukraina, kenapa negara ini belum juga berdamai dengan Rusia. Dikutif dari detik.com berikut adalah fakta fakta unik Negara Ukraina yang mungkin belum Anda ketahui :

9 Fakta Unik Ukraina Yang Sedang Diinvasi Rusia

1. Lokasi Tragedi Chernobyl

Pada 26 April 1986, terjadi ledakan di reaktor Unit 4 pembangkit listrik Chernobyl, Pryp’yat, yang kini merupakan wilayah Ukraina sebelum merdeka dari Uni Soviet. Ledakan dan kebakaran ini menyebabkan dampak radioaktif 400 kali bom Hiroshima dan Nagasaki pada 1945, seperti dikutip dari Encylopaedia Britannica.

Tragedi nuklir terbesar sepanjang sejarah ini membuat kerusakan atom dan DNA manusia yang terkena radiasi nuklir hingga kanker. Kendati berbahaya, pemerintah Uni Soviet saat itu merahasiakan tragedi ini dari mata internasional. Hal yang termasuk kedalam 9 fakta unik Ukraina

Pawai peringatan hari buruh 1986 di Ukraina saat itu juga tetap dijalankan warga tanpa diberi tahu otoritas Uni Soviet akan dampak radiasi yang tersisa. Dampak radioaktif pada korban-korban terpapar membuat Uni Soviet kehilangan kepercayaan dari masyarakat dan mancanegara.

Hingga saat ini, bahkan masih ada Exclusion Zone atau zona terlarang Chernobyl seluas 2.600 km persegi. Zona berbahaya ini masih terkontaminasi radioaktif paling tinggi di antara area terdampak tragedi Chernobyl 1986. Masyarakat dilarang beraktivitas di area ini.

2. Masih punya pembangkit tenaga nuklir terbesar di Eropa

Keunikan dari 9 fakta unik Ukraina yang mungkin belum Anda ketahui adalah Negara Ukraina masih mempunyai pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa di antara Mykolaiv dan Zaporizhzhia. Masing-masing memiliki penduduk 476 ribu dan 722, 7 ribu jiwa. Kawasan ini berdekatan juga dengan Donetsk.

Ukraina saat ini memiliki 15 reaktor nuklir yang menghasilkan setengah kebutuhan listrik satu negara. Hampir semua jasa dan bahan bakar nuklir Ukraina diperoleh dari Rusia. Namun untuk mengurangi ketergantungan tersebut, Ukraina perlahan membeli bahan bakar dari Westinghouse, seperti dikutip dari World Nuclear Association.

3. Zona konflik dan kelompok separatis

Donetsk merupakan zona konflik Rusia Ukraina yang terletak di perbatasan kedua negara dengan populasi 905 ribu penduduk. Zona perbatasan Ukraina dan Rusia terletak sepanjang Kharkiv, kota dengan populasi 1,43 juta penduduk, Luhansk dengan 399 ribu penduduk, dan Donetsk.

Kelompok separatis Donbas didukung Moskow dan menguasai kawasan Donetsk dan Luhansk selama hampir 8 tahun. Pada Senin (21/2/2022), Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui keberadaan kelompok separatis ini dan menempatkan tentara resmi Rusia di sepertiga kawasan tersebut.

Vladimir Putin menamai kawasan Donetsk dan Luhansk tersebut sebagai ‘people’s republic’ atau republik rakyat untuk warga separatis, seperti dikutip dari Visual Capitalist. Pada hari yang sama, wilayah ‘republik’ tersebut diakui Kuba, Venezuela, Nikaragua, dan Suriah, serta wilayah kelompok separatis Georgia di South Ossetia dan Abkhazia.

Saat ini, Rusia belum mengakui kawasan separatis ini sebagai batas negara terbaru. Namun jika diakui Rusia, maka pernyataan tersebut dapat berisiko memicu perang besar antara Moskow dan Kyiv, ibu kota Ukraina, seperti dikutip dari Aljazeera.

4. Kota terbesar di Ukraina dalam serangan

Kyiv merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Ukraina. Populasi kota yang juga dikenal dengan sebutan Kiev tersebut sebanyak 2,96 juta penduduk. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba melaporkan serangan bersenjata Rusia ke Ukraina, termasuk di Kyiv dalam Rapat Umum PBB di New York, Amerika Serikat Rabu (23/2/2022) waktu setempat. Dikutip dari Reuters, warga Kyiv meninggalkan kotanya untuk menyelamatkan diri.

5. Pelabuhan terbesar di Laut Hitam

Kota terbesar di kawasan Krimea, Sevastopol, merupakan pelabuhan terbesar di Laut Hitam. Sevastopol, kota berpopulasi 464 ribu jiwa dan kawasan Krimea dikenal di mata internasional sebagai bagian Ukraina.

Namun, kawasan ini dicaplok Rusia menjadi kota federalnya sejak dianeksasi atau dipaksa bergabung setelah peristiwa Krisis Krimea 2014. Tentara bertopeng Rusia saat itu menginvasi dan menduduki lokasi inti Krimea seperti pangkalan militer dan bandara Ukraina di bawah perintah Putin. Saat ini, penduduk Krimea kebanyakan beretnis Rusia.

6. Pendanaan militer dari Amerika Serikat

Ukraina tidak terdaftar sebagai anggota organisasi pakta pertahanan dan keamanan Atlantik Utara North Atlantic Treaty Organization (NATO). Organisasi ini terdiri dari sejumlah negara Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada. Meskipun bukan anggota NATO Ukraina merupakan negara terbesar keempat dalam hal menerima pendanaan militer dari Amerika Serikat.

Semula, NATO berkembang di negara-negara Eropa timur eks Uni Soviet. Negara Baltik Lithuania, Lithuania, Latvia, Estonia bergabung dalam NATO bersama Polandia, Romania, dan lainnya. Sekutu ini menciptakan garis perbatasan yang dekat dengan Moskow, ibu kota Rusia. Pada 2008, sekutu ini juga berencana memasukkan Ukraina sebagai anggota NATO, meskipun masih belum terjadi, seperti dikutip dari New York Times.

Pada Desember 2021, Rusia menyatakan permintaan pada NATO dan Amerika Serikat dengan alasan memastikan keamanan negaranya. Beberapa poin permintaan tersebut yakni jaminan bahwa Ukraina tidak akan pernah bergabung dengan NATO dan NATO mengurangi penempatan tentara di negara-negara anggotanya di Eropa Timur.

7. Sungai terpanjang keempat di Eropa

9 fakta unik Ukraina selanjut nya adalah sungai Dnieper, sungai terpanjang keempat di Eropa, melintasi Ukraina dan Belarus dari Valdai Hills, Rusia. Sungai yang bermuara di Laut Hitam ini menjadi sumber sejumlah pembangkit listrik tenaga air dan waduk di sepanjang alirannya.

8. Tanah pertanian bisa kena imbas perang

Tanah pertanian mencakup 70% permukaan Ukraina. Karena itu, perang dapat berdampak buruk bagi pasar hasil pertanian Ukraina. Pertanian merupakan sumber ekspor utama di Ukraina. Pertanian negara ini di antaranya menghasilkan jagung, gandum, barley, kacang-kacangan, buah, kentang, bunga matahari, dan rumput.

Yang unik dari 9 fakta unik Ukraina adalah di negera ini ada tanah pertanian chernozem Ukraina dikenal subur dan unik karena mengandung persentase humus yang tinggi, di samping asam fosfor, fosforus, dan amonia. Kesuburan yang tinggi membuat tanah Ukraina menjadi ladang pertanian yang lembab dan berkualitas, seperti dikutip dari laman Food and Agricultural Organization (FAO)

9. Pernah jadi titik transit gas alam terbesar Rusia

Pada tahun 1990-an, Ukraina juga memainkan peran penting bagi ekspor gas alam Rusia. kebanyakan gas yang diekspor Rusia ke Eropa menggunakan jalur Rusia Ukraina . Namun, jalur gas baru seperti Nord Stream dan TurkStream kelak mengikis peran Ukraina sebagai titik transit ekspor gas. Pada 2001, volume gas alam yang transit di Ukraina mencapai 120 bank cubic meter (bcm). Namun pada 2021, angka ini turun hingga 41 bcm.

Nah itulah 9 fakta unik Ukraina negara di bagian Eropa Timur yang saat ini sedang tidak baik baik saja. Semoga perang cepat berlalu. Para korban segera mendapatkan bantuan dan tidak ada perang lagi di dunia ini.

  • Share